Bayar Tagihan PLN Tepat Waktu untuk Pemanfaatan Listrik yang Maksimal

Listrik merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan saat ini. Hampir semua masyarakat di Indonesia menggunakannya. Dengan manfaat listrik yang sangat besar untuk manusia, diharapkan listrik bisa dinikmati oleh semua orang hingga ke pelosok tanah air. Untuk itu PLN sebagai perusahaan pemasok listrik tunggal terus melakukan perbaikan infrastruktur untuk menyinari semua wilayah negeri. Namun tentu saja hal tersebut tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang besar yang didapat dari pembayaran listrik oleh masyarakat yang telah menggunakan listrik. Karenanya kita sebagai pelanggan PLN, wajib bayar tagihan PLN tepat waktu dan sesuai dengan tagihan agar bisa ikut mensukseskan tujuan mulia tersebut.

Cara membayar tagihan sendiri sangatlah mudah dan sudah disosialisasikan sebelumnya. Sejak dahulu PLN telah memiliki banyak kantor perwakilan yang digunakan untuk menerima setoran tagihan listrik dari masyarakat sekitarnya. Kini cara pembayaran tagihan semakin bertambah dengan bergabungnya instansi lain yaitu PT Pos Indonesia menggunakan teknologi internet. Dengan begitu kini sudah banyak masyarakat membayar tidak melalui kantor perwakilan PLN namun melalui kantor POS terdekat dengan biaya yang murah, sistem yang cepat dan akurat. Pembayaran melalui kantor POS juga tidak memakan waktu delay sehingga tagihan langsung dihapus begitu Anda membayarnya.

PLN tidak hanya bekerjasama dengan PT POS saja, untuk memberikan layanan sistem pembayaran mudah dan cepat untuk pembangunan PLN sendiri, sudah banyak instansi lain yang turut bekerja sama dengan PLN. Instansi tersebut dari berbagai lembaga seperti perbankan dan industri perdagangan hingga swasta. Pada lembaga perbankan, bahkan pembayaran tagihan PLN sudah dimasukkan pada sistem di mesin ATM sehingga Anda bisa langsung bayartagihanpln secaraonline di toko online atau pun offline secara mandiri di mesin ATM pada bank yang Anda miliki.

Untuk cara pembayaran lain selain lembaga perbankan, bagi Anda yang tidak memiliki tabungan, Anda bisa membayarkan tagihan dengan cepat dan mudah di berbagai gerai mini market terdekat. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencatat ID pelanggan yang tertera di box meter rumah Anda. Bawalah catatan tersebut di gerai mini market untuk mengetahui tagihan listrik Anda. Cocokkan nama pada tagihan yang ditampilkan di sistem sebelum Anda membayar tagihan yang ditagihkan. Mintalah struk pembayaran sebagai bukti bayar jika sewaktu-waktu diperlukan. Membayar via mini market juga tidak memiliki waktu delay sehingga transaksi Anda langsung tercatat di database pembayaran PLN.

Saat ini pemerintah mulai sedikit demi sedikit mencabut subsidi listrik untuk berbagai kalangan. Subsidi hanya diberikan pada warga yang betul-betul tergolong tidak mampu dengan surat-surat yang mendukung. Sontak tagihan listrik menjadi lebih tinggi dari pada tagihan di bulan-bulan kemarin. Namun sebagai masyarakat yang mandiri, seharusnya kenaikan ini menjadi introspeksi untuk kita semakin bisa menghemat pemakaian listrik agar tidak tergantung dari uang subsidi pemerintah dalam pembayarannya. Sebaiknya subsidi memang diberikan untuk kesejahteraan masyarakat bawah dari pada untuk mensubsidi listrik yang sebagian besar digunakan oleh kalangan masyarakat mampu.

Dengan bayar tagihan pln tepat waktu sebelum jatuh tempo, Anda sudah melaksanakan kewajiban sebagai pelanggan PLN dan warga negara. Diharapkan uang listrik bisa digunakan oleh perusahaan listrik negara dalam memberikan sumber listrik hingga ke pelosok-pelosok daerah di negeri kita. Dana juga bisa digunakan untuk memperbaiki dan merawat perlengkapan listrik sehingga pelayanan yang diberikan semakin baik dan maksimal seperti minimnya pemadaman bergilir dan adanya sosialisasi cara menghemat listrik yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + seven =