Hal yang Berbeda dari Harbolnas 2017 Tahun Ini

hari belanja online nasional 2017

Berbelanja menjadi salah satu kesenangan atau kegiatan yang bisa membantu untuk menghilangkan stress. Dengan adanya e-commerce yang semakin berkembang di Indonesia membuat kegiatan belanja menjadi lebih mudah karena bisa dilakukan secara online. Banyaknya toko online membuat masyarakat lebih banyak yang berbelanja online karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Salah satu saat yang paling ditunggu oleh masyarakat yang gemar belanja online adalah saat harbolnas 2017.

Harbolnas atau hari belanja online nasional pertama kali diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2012 yang diikuti oleh 9 toko online yang ada di Indonesia. Dari tahun ke tahun, online shop yang berpartisipasi dalam harbolnas kian bertambah. Di tahun 2017 sendiri ada lebih dari 200 toko online yang akan ikut berpartisipasi. Biasanya, harbolnas diselenggarakan di akhir tahun atau di bulan Desember selama 3 hari. Akan tetapi, di tahun 2017 ini Harbolnas hanya akan diselenggarakan selama 1 hari saja.

Harbolnas 2017 akan diselenggarakan selama 1 hari yaitu pada hari Selasa tanggal 12 Desember 2017. Dengan mengusung tema #BelanjaOnlineBersama, harbolnas di tahun 2017 ini diikuti lebih dari 200 toko online sehingga Anda sebagai konsumen bisa lebih leluasa untuk memilih dan berbelanja saat harbolnas. Achmad Alkatiri yang merupakan ketua panitia harbolnas di tahun 2017 mengemukakan, agar e-commerce yang berpartisipasi dalam harbolnas mampu memberi motivasi yang lebih untuk para pembelanja dengan cara memberikan diskon, bebas ongkos kirim ataupun yang lainnya.

Belajar dari harbolnas di tahun-tahun sebelumnya, panitia Harbolnas di tahun 2017 ini menyiapkan support center. Walaupun mungkin di masing-masing toko online yang berpartisipasi pasti sudah menyiapkan tim yang akan menanggapi klaim akan barang yang dibeli. Namun, dengan adanya support center yang disiapkan panitia, konsumen bisa lebih mudah untuk mengajukan klaim. Nantinya, jika ada konsumen yang mengalami masalah, misalnya barang yang diterima berbeda dari barang yang dipesan, barang tidak dikirim, atau barang mengalami cacat yang bukan disebabkan konsumen, pembeli yang bersangkutan bisa langsung mengajukan klaim sehingga nantinya panitia bisa langsung menyampaikannya ke e-commerce yang bersangkutan.

Selain adanya support center, hal yang berbeda dari harbolnas tahun ini adalah juga merangkul para pelaku UMKM yang ada di Indonesia dengan melakukan road show. Rangkaian road show yang dilakukan mulai tanggal 18 November 2017 ini, dilaksanakan di kota Medan, Surabaya, dan Makassar untuk merangkul pelaku UMKM di Indonesia agar merambah dunia online. Dengan cara tersebut tidak hanya membantu untuk mengembangkan bisnis, namun juga untuk berpartisipasi di Harbolnas tahun 2017.

Di harbolnas 2017 ini juga mengundang fresh graduate dan mahasiswa yang masih aktif untuk bisa bergabung di harbolnas. Antusiasme masyarakat akan harbolnas yang akan diselenggarakan kurang dari 1 bulan ini diperkirakan akan mencapai transaksi di atas Rp 1 trilyun karena di tahun 2016 dimana selama 3 hari transaksi bisa mencapai Rp 3,3 trilyun. Agar Anda lebih nyaman saat berbelanja secara online di harbolnas tahun 2017 yang hanya diselenggarakan selama 1 hari ini, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Cek jaringan koneksi Anda karena kecepatan jaringan bisa membantu Anda untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan.
  • Promo yang diberikan oleh toko online.
  • Barang yang akan Anda beli sehingga sebaiknya disiapkan list atau daftar barang incaran Anda.
  • Siapkan budget yang akan dipergunakan untuk membeli barang saat harbolnas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 9 =