HP di Sakuku, Sakuku di HPku

sakuku

“Lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan HP,” begitulah kata sebagian besar orang. Terus kalau mau bayar belanjaan gimana?

Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini memaksa perusahaan-perusahaan untuk terus berinovasi. Jika tidak, mereka akan tertinggal dalam persaingan dan kompetisi global. Di era digital sekarang ini, perkembangan teknologi memasuki hampir seluruh aspek kehidupan. Bukan hanya sektor komunikasi, namun juga jasa, kesehatan, bisnis, kuliner, apalagi perbankan. Investasi dan inovasi untuk pengembangan IT  perlu untuk mengimbangi pesatnya pertumbuhan teknologi digital tersebut.

Salah satu perusahaan yang banyak berinvestasi di bidang IT adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BCA terkenal dengan sebagai pelopor dengan inovasi-inovasinya. Sejak dulu bank ini konsisten menghadirkan inovasi-inovasi di bidang perbankan. Tak heran jika kemudian BCA juga konsisten menerima penghargaan di bidang inovasi perbankan. Terbaru mereka menerima Digital Innovation Award for Banking 2016.

Salah satu Inovasi BCA terbaru yang mereka keluarkan akhir tahun 2015 lalu adalah Sakuku. Sakuku adalah dompet elektonik yang dapat digunakan untuk bayar belanja, isi pulsa, dan melakukan transaksi perbankan lainnya. Transaksi perbankan yang dimaksud seperti melakukan transaksi pembayaran (di toko online maupun offline yang telah bekerjasama/merchant), isi ulang pulsa, transfer uang, juga tarik tunai di ATM.

Sakuku - Merchant

Selasa malam, 9 Agustus 2016 lalu, BCA yang menggandeng BBlog, mengajak teman-teman blogger Makassar untuk hadir dalam acara makan malam dan memperkenalkan aplikasi SAKUKU ini dengan tema “Ngobrol Bareng Blogger Makassar”. Acara yang diadakan di Kafe Bistropolis di Jl. Sultan Hasanuddin ini dimulai pukul 18.30 dengan jumlah peserta sekira 30an blogger.

Saya bersama istri baru tiba di venue jam 7 lewat karena tinggal di luar kota dan harus melewati beberapa titik macet. Kamipun tertinggal sebagian materi yang dibawakan salah seorang seleb instagram Makassar. Hanya beberapa tips yang sempat tertangkap, seperti membuat caption menarik dan memilih waktu yang tepat ketika memposting foto di instagram. Menurut pemilik akun ig @hhacii yang memiliki lebih 15rb pengikut, waktu yang baik mengupload foto adalah jam 10 pagi, jam 5 sore dan jam 10 malam.

Sakuku - Dyandra

Mbak Dyandra menjelaskan tentang #InovasiBCA “Sakuku” (sumber: twitter @qiahre)

Sambil menikmati makanan pembuka berupa krim sup jagung, Mbak Diandra dari BCA tampil memperkenalkan #inovasiBCA Sakukudengan fitur-fitur dan kelebihannya serta alasan kenapa kita harus menggunakan Sakuku.

Beberapa alasan kenapa sebaiknya menggunakan Sakuku:

  1. Karena aplikasi Sakuku ibarat dompet elektronik yang memudahkan segala transaksi perbankan untuk segala acara hangout-mu!
  2. Bayar Belanja. Pilih fitur ini untuk bayar belajaanmu di merchant sakuku. Mulai dari bayar makan maupun belanja barang favoritmu secara online
  3. Isi Pulsa. Kamu bisa isi pulsa sendiri atau mengisi pulsa teman kamu bahkan bisa minta isi pulsa ke teman sakuku di sini
  4. Transfer. Bisa transfer uang atau minta transfer ke teman Sakuku kamu (Sakuku Plus)
  5. Split Bill. Berbagi tagihan sama teman kami, bayarnya juga bisa dibagi rata (Sakuku Plus)

Oh yah, saat ini ada 2 tipe Sakuku yaitu Sakuku dan Sakuku Plus. Perbedaannya terletak pada fiturnya, seperti bisa dilihat di gambar berikut:

Sakuku - Perbedaan

Perbedaan fitur Sakuku dan Sakuku Plus

Jika ingin mendapatkan lebih banyak fitur menarik, kamu harus mengaktivasi Sakuku Plus dengan cara:

  1. Penawaran otomatis bagi pengguna m-BCA

Khusus kamu dengan nomor handphone yang sama antara Sakuku dan m-BCA, serta aktif bertransaksi minimal dalam 1 bulan terakhir, saat login pertama kali akan ditawarkan untuk melakukan peningkatan layanan menjadi Sakuku Plus.

  1. Menu Aktivasi Sakuku Plus

Bagi kamu yang memiliki kartu Paspor/ATM BCA dapat mengakses menu Setting/Aktivasi Sakuku atau dengan memilih menu SplitBill/Transfer/Tarik Tunai pada aplikasi Sakuku, maka akan ditawarkan untuk melakukan aktivasi Sakuku Plus.

  1. Datang ke Cabang

Bagi nasabah lainnya maupun non nasabah, kamu bisa datang ke cabang BCA terdekat dengan membawa identitas diri (KTP).

*

Beberapa pertanyaan peserta cukup menarik, seperti bagaimana jika HP yang digunakan hilang? Bagaimana jika belum menjadi nasabah BCA?

  • JIka HP dan nomor yang digunakan hilang, jangan khawatir akan disalahgunakan, karena Sakuku menggunakan sistem keamanan dengan PIN 6 digit. Untuk mengaktifkan kembali, cukup memasukkan nomor HP yang lama dan data-data yang digunakan ketika mendaftar.
  • Sementara jika belum memiliki rekening di BCA? Sakuku tidak mensyaratkan menjadi nasabah BCA untuk membuat akun Sakuku, karena yang dibutuhkan hanya nomor HP sebagai nomor akun. Namun sebaiknya memiliki akun di BCA untuk memudahkan top-up.

Setelah Mbak Diandra selesai menjelaskan tentang Sakuku dan menjawab pertanyaan, peserta kemudian dihibur aksi stand up comedy lokal yang bikin suasana makan malam jadi pecah. Yah sesi hiburan ini bersamaan dengan waktu makan peserta. Saya akhirnya memilih menunda makan sampai sesi hiburan ini selesai karena tidak bisa menahan tawa.

sakuku6

Menunda makan malam demi menikmati Stand Up Comedy

Di akhir acara, dilakukan undian doorprize untuk 2 orang peserta yang beruntung mendapatkan deposit Sakuku. Alhamdulillah nomor yang saya pegang menang dan dapat deposit Sakuku. Sementara istri menang voucher karena instagram #BabyJo punya follower paling sedikit :))

menang doorprize sakuku

Alhamdulillah, menang doorprize (sumber: twitter @mugniar)

Sebelum bubar, kami menfaatkan voucher photobooth untuk foto bersama sebelum pulang.

orange photobooth

Mari foto2 sebelum pulang

**

Mudahnya belanja online dengan Sakuku

Dalam sebulan terakhir, saya bersama istri beberapa kali berbelanja online di beberapa situs e-commerce. Selama ini pembayaran dilakukan via transfer ATM (virtual account) atau bayar di Indomaret. Masalahnya, lokasi ATM dan Indomaret yang terdekat dari rumah jaraknya sekitar 3-4 KM.

Hari ini kami mencoba berbelanja online sekaligus mencoba memanfaatkan fitur Sakuku. Kebetulan barang yang kami cari ada di blibli.com dan merupakan salah satu merchant yang bekerja sama dengan Sakuku. Saya menggunakan PC untuk memesan barang.

Setelah memilih barang dan jumlah yang diinginkan, masuk ke menu pembayaran.

  1. Pilih metode pembayaran Uang Elektronik, di sana ada pilihan “Sakuku”.
  2. Akan muncul tampilan “Sakuku” yang meminta nomor HP yang digunakan sebagai nomor Sakuku. Masukkan nomor yang diminta.
  3. Muncul gambar QR Code dan jumlah yang harus dibayar. Segera scan QR code menggunakan HP yang ada aplikasi Sakuku. Waktu dibatasi hanya 3 menit.
  4. Buka aplikasi Sakuku di HP, pilih menu BAYAR BELANJA. Scan QR code di atas (nomor 3)
  5. Tampilan konfirmasi di HP untuk melakukan pembayaran dengan Sakuku. Tekan lanjut.
  6. Transaksi berhasil, pembayaran telah dilakukan dengan menggunakan Sakuku (di HP).
  7. Layar di PC juga menampilkan pemberitahuan transaksi sudah berhasil.
  8. Di menu inbox pada aplikasi Sakuku dapat dilihat histori transaksi.
Tampilan transaksi melalui desktop (PC)

Tampilan transaksi melalui desktop (PC)

Sakuku - Tahap Transaksi 2

Tampilan SAKUKU di HP ketika melakukan pembayaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =