Makanan Enak Rendah Kolesterol yang Cocok untuk Kesehatan Keluarga Anda

Manusia memang makhluk omnivora yang menyukai berbagai jenis makanan enak. Dari mulai buah, sayur, daging hingga makanan umbian disukai dan bisa disantap asalkan diolah dengan rasa yang enak. Tetapi banyak orang tak menyadari bahwa dibalik makanan yang memiliki rasa enak tersebut bisa jadi memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan. Pada daging misalnya, kandungan kolesterolnya yang tinggi bisa mengakibatkan gangguan kesehatan terutama pada peredaran darah yang kemudian menyebabkan manusianya menderita tekanan darah tinggi. Selain daging, kolesterol juga banyak terdapat pada kacang-kacangan yang kerap dikonsumsi saat liburan nasional.

Seringkali rasa enak yang dimiliki oleh suatu makanan mengalahkan pentingnya kesehatan manusia. Padahal jika manusia tersebut sakit, maka makanan yang dulunya berasa enakpun tak bisa oodikonsumsi atau menjadi tak enak lagi. Karenanya sangat penting untuk membatasi makanan yang dikonsumsi dengan cara menghindari atau mengurangi makanan yang banyak mengandung kolesterol atau kandungan lain yang berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan.

    Yogurt

Menghindari kolesterol bukan berarti Anda hanya bisa makan makanan tak enak. Masih banyak jenis makanan yang memiliki rasa enak yang juga rendah kolesterol. Apa saja makanannya? Berikut ini beberapa daftarnya untuk Anda coba demi mendapatkan kesehatan yang optimal.

1. Daging kelinci.
Di Indonesia, daging kelinci memang belum menjadi sumber daging populer di masyarakat. Hal ini disebabkan masyarakat menganggap kelinci merupakan makhluk yang lucu sehingga tidak tega untuk mengkonsumsinya. Padahal pada daging kelinci terdapat kandungan protein baik yang sangat tinggi bahkan paling tinggi diantara daging lainnya. Daging kelinci juga memiliki kandungan kolesterol paling rendah sehingga jauh lebih aman dikonsumsi setiap hari dibandingkan daging. Selain kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan, daging kelinci memiliki tekstur daging yang kenyal namun gurih. Bagi Anda yang belum pernah mencicipinya, disarankan untuk mulai membiasakan diri agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi dengan makanan yang sehat.

2. Yogurt.
Jika susu merupakan minuman yang mengandung kolesterol dalam jumlah lumayan tinggi, lain halnya dengan yogurt. Makanan enak ini merupakan sumber serat, calcium dan protein yang juga rendah kolesterol. Namun pastikan yogurt yang Anda pilih adalah yogurt low fat yang kini sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai situs belanja online terpercaya maupun di berbagai gerai supermarket.

3. Ikan lele.
Ikan lele merupakan makanan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Lele memiliki rasa yang gurih karena lele juga merupakan omnivora. Mengkonsumsi ikan lele bagi sebagian orang rasanya kurang nikmat dibandingkan mengkonsumsi ikan laut seperti cumi-cumi atau lainnya, padahal kandungan kolesterol ikan lele lebih rendah dibandingkan ikan laut yang justru juga menjadi penyebab tingginya kolesterol.

4. Putih telur.
Sering membuang putih telur? Kini Anda sebaiknya tak lagi membuangnya karena putih telur lebih sehat dari pada kuning telur bagi orang yang sudah memiliki kandungan kolesterol tinggi. Gunakan putih telur lebih banyak untuk membuat telur dadar untuk membantu mengurangi asupan makanan yang tinggi kolesterol.

Itulah beberapa daftar makanan enak  rendah kolesterol yang mulai kini bisa Anda jadikan kebiasaan untuk makanan keluarga. Dengan mengkonsumsi makanan rendah kolesterol Anda akan terhindar dari bahaya penyakit gangguan peredaran darah akibat menumpuknya kolesterol pada pembuluh darah. Gangguan peredaran darah akibat tingginya kolesterol dapat mengakibatkan stroke, serangan jantung, asma, hingga kematian mendadak akibat pecahnya pembuluh darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + seven =