Mengenal Asuransi Melalui Bright Advisor dari Sun Life

Sewaktu masih kecil, keluarga kami kehilangan tulang punggung keluarga, yaitu Bapak. Saat itu saya baru menginjak kelas 3 SD, sementara kakak kelas 6 SD. Tidak lama setelahnya kami kedatangan beberapa orang tamu. Mereka menyodorkan beberapa berkas. Belakangan saya baru tahu bahwa tamu-tamu tersebut merupakan agen asuransi yang datang untuk memberikan santunan. Saya juga baru tahu kalau beberapa bulan sebelumnya, belum cukup satu tahun, Bapak ikut asuransi. Kelak dari santunan tersebut, Ibu bisa melanjutkan usaha Bapak dengan berjualan. Pun beberapa tahun berikutnya, saya dan kakak bisa melanjutkan sekolah juga dengan tambahan dari santunan dana pendidikan yang diberikan secara bertahap dari asuransi tersebut.

Apa yang ada di benak kita ketika mendengar asuransi? Banyak orang yang menghindari bertemu agen asuransi seakan mereka sesuatu yang harus ditakuti. Padahal jika kita paham pentingnya asuransi, bukan tidak mungkin justru kitalah yang akan mencari mereka. Saya pernah beberapa lama bersinggungan dengan industri asuransi, walaupun bukan sebagai agen yang mencari nasabah. Sedikit banyak akhirnya saya bisa mengerti dan mengetahui manfaatnya.

Sebenarnya apa yang membuat banyak masyarakat kita bersikap demikian? Kurangnya informasi dan pengetahuan yang benar tentang asuransi bisa jadi penyebabnya. Hal ini menyebabkan orang-orang takut untuk berasuransi. Akhirnya berusaha menghindar untuk bertemu atau dihubungi agen asuransi karena takut diprospek šŸ˜€ Bahkan lebih parahnya ada yang mengatakan ā€œberasuransi seperti didoakan agar cepat matiā€ Hahaha…

Nah bagi yang awam dan ingin mengenal asuransi lebih jauh, namun tidak ingin bertemu agen (karena takut diprospek), boleh mencoba platform online yang dikembangkan oleh Sunlife. Namanya Bright Advisor, sebuah media penyedia informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi dan perencanaan keuangan. Di sana kita bisa mengajukan pertanyaan apa saja tentang asuransi atau perencanaan keuangan, dan semuanya akan dijawab dengan cermat dalam bahasa sederhana yang mudah dimengerti masyarakat awam. Dan semua itu tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Untuk mengaksesnya cukup mudah. Cukup buka saja http://brightadvisor.co.id

Produk online Bright Advisor inilah yang diperkenalkan oleh Sun Life kepada para undangan media dan blogger dalam acara bertajuk ā€œSeminar Sun Life Future Planā€. Seminar nya sendiri Ā merupakan rangkaian acara ā€œSeminar & Exhibition Roadshowā€ yang akan diadakan di 8 kota, di mana Makassar mendapat kehormatan sebagai kota pertama yang dituju. Kota lainnya menyusul yaitu Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Bandung, Palembang dan Jakarta.

Rangkaian acara di Makassar sendiri diadakan mulai 22-24 April di Trans Studio Mall. Puncaknya, hari Minggu, 22 April 2016 seminar di atas diadakan di Zafferano, sebuah kafe yang terdapat di mall tersebut. Puluhan blogger antusias hadir karena menghadirkan pembicara dan dengan tema menarik. Salah satunya Dg. Ipul yang merupakan blogger senior, berbagi tentang menjadikan hobinya ngeblog sebagai sumber penghasilan. Tentu blogger lain tertarik mengikuti jejaknya.

Pembicara lain adalah Ibu Joice Tauris Santi yang merupakan wartawan senior Kompas. Beliau memulai dengan cerita tentang 2 keluarga temannya, yang mana salah satunya sudah diproteksi asuransi, sementara yang satunya belum. Ketika kedua keluarga tersebut ditinggal tulang punggungnya, tentu keadaan keuangan keduanya akan berbeda.

Ibu Joice juga berbagi bagaimana mengatur keuangan untuk masa depan (future plan). Untuk pencari nafkah yang merupakan tulang punggung sebaiknya diproteksi asuransi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk freelance yang tidak memiliki penghasilan tetap, sebaiknya membuat 2 akun keuangan, di mana satunya merupakan akun untuk pengeluaran tetap, sementara lainnya sebagai pengeluaran tidak tetap.

Di sela-sela rangkaian acara seminar, peserta dihibur dengan penampilan Stand Up Comedy yang cukup mengundang gelak tawa. Di akhir acara, diumumkan pemenang lomba livetweet selama acara dengan hashtag #SunLifeFuturePlan, di mana saya akhirnya dapat juara 3 :D. Acara ditutup dengan foto bersama peserta, panitia dan pembicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − one =