Ngedate dan Bermain Salju dengan Si Kecil di #LactogrowHappyDate Winterland

Bila orang dewasa menambah pengetahuannya melalui membaca, maka anak-anak menambah pengetahuan dengan bermain

Banyak orang beranggapan bahwa bermain adalah suatu hal yang buang-buang waktu dan tidak ada manfaatnya. Padahal bagi anak-anak, di sana lah salah satu sumber kebahagian mereka. Kebahagian anak bisa menjadi kebahagiaan keluarga, dan kebahagiaan keluarga merupakan penentu karakter dan tumbu kembang anak. Dalam permainan juga sebaiknya melibatkan orang tua sebagai partner, pendamping dan yang mendukung kegiatan permainan. Dengan keterlibatan orang tua, dapat merangsang anak untuk mengoptimalkan fungsi permainan terhadap aspek-aspek perkembangannya. Namun perlu diingat bahwa permainan adalah milik anak, orang tua jangan sampai mendominasi sehingga mengakibatkan kunci permainan yaitu “kesenangan” menjadi hilang.

Sayangnya orang tua kadang tidak memiliki cukup waktu untuk menemani si kecil bermain, utamanya sosok sang ayah. Kesibukan dengan pekerjaan memang kadang dijadikan alasan tidak punya waktu untuk  bercengkrama dengan si kecil. Padahal dalam membangun kedekatan dan jalinan emosi yang kuat bukan saja harus tercipta antara ibu dengan bayi, tapi juga antara ayah dengan bayi. Para psikolog pun menyepakati  anak yang tumbuh dengan kasih sayang yang lengkap dari ayah dan ibunya akan menjadi seorang anak yang peka,  percaya diri dan tangguh.

Waktu ayah biasanya baru bisa dihabiskan bersama keluarga di akhir pekan atau di saat libur kerja. Waktu yang sedikit tersebut tentu harus dimanfaatkan dengan baik untuk menjalin hubungan dengan si kecil. Dengan aktivitas bermain dengan si kecil, dapat meningkatkan kualitas hubungan tersebut. Apalagi permainan fisik dan motorik yang dapat merangsang si kecil, lebih mudah dilakukan bersama ayah.

play

Keceriaan bersama si kecil di event #HappyDateWithLegenDaddy #LACTOGROWHappyDate Winter Land

Sekuel Happy Date With Legend Daddy

Menyadari pentingnya peran ayah dalam tumbuh kembang anak, Nestle Lactogrow menghadirkan event #LactogrowHappyDate. Event ini boleh dibilang merupakan sekuel Happy Date With Legend Daddy yang digelar di beberapa kota. Jika event sebelumnya bertemakan pantai (Happy Beach), kali ini temanya adalah salju (Winter Land). Uniknya, semua wahana permainan dengan tema tersebut, dihadirkan di dalam mall.

Di Makassar sendiri event ini diadakan tanggal 16-17 April 2016 di Trans Studio Mall. Berbagai wahana yang dihadirkan antara lain: Snow Playground, Snowman Makeover, Snow Globe Photobooth, Happy Ice Fishing, Happy Animal Zoo dan Ice Castle Stage. Di hari ke-2 menampilkan bintang tamu Kahitna yang sepertinya hadir untuk menghibur orang tua yang datang 😀

Kami sekeluarga pertama kali mendapatkan informasi event ini melalui internet. Saat itu kami masih berada di kampung, di rumah nenek si kecil yang jaraknya hampir 400 KM dari Kota Makassar. Melihat keceriaan si kecil di event #HappyDateWithLegenDaddy sebelumnya (happy beach), saya dan bunda pun sepakat untuk kembali mengajak si kecil. Apalagi bunda, sebagai blogger juga mendapat undangan untuk hadir di acara Talk Show-nya. Kami baru pulang ke Makassar 2 hari sebelum acara, agar ada kesempatan beristirahat sehari di rumah.

tiket

Sabtu siang kami akhirnya tiba di Trans Studio Mall. Hall yang biasanya kosong dan kadang diisi booth pameran, kini disulap menjadi arena permainan dengan tema musim dingin (winter). Lengkap dengan boneka salju di depan pintu masuk. Suasananya sudah ramai. Wahana pertama yang menarik perhatian kami adalah Snow Globe Photobooth. Jadilah kami antri di sana. Sebelum masuk ke dalam balon bening yang diisi angin agar mengembang membentuk bola, kami dipersilakan memilih properti sebagai aksesori musim dingin yang ingin dipakai. Kami pun sepakat memakai kupluk dan syal yang senada. Hasil foto pun langsung dicetak diberikan ketika kami keluar dari balon. Wahana selanjutnya adalah Happy Animal Zoo yang ada di sebelahnya. Di sana ada 2 ekor burung kakak tua putih dan beberapa ekor kelinci. Si kecil sangat senang melihat binatang-binatang lucu tersebut. Bahkan si kecil nyolek-nyolek si burung kakak tua. Sayangnya kelinci yang ada di dalam pagar pembatas kebanyakan malah memilih tiduran.

photobooth

Snow Globe Photobooth, salah satu wahana yang paling diminati

Selanjutnya satu persatu wahana lainnya kami masuki, di antaranya Happy Ice Fishing, Snowman Makeover dan yang seru adalah Snow Playground. Di snow playground, pengunjung diwajibkan memakai kaos kaki dan kaos tangan. Jika tidak punya atau lupa membawa, bisa dibeli di sana. Pengunjung juga diwajibkan memakai sepatu boot untuk masuk ke wahana ini. Tenang, sepatunya sudah disediakan dan gratis. Si kecil senang bermain es (salju buatan) dengan menyendoknya masuk ke dalam ember. Terkadang dia malah memungut es dan memakannya. Untungnya es ini aman walau tertelan. Menjelang sore si kecil mulai rewel, mungkin karena capek dan melewatkan waktu tidur siangnya. Kami pun beranjak pulang dan berniat datang lagi keesokan harinya.

Hari ke-2 #LactogrowHappyDate Winter Land

Hari minggu kami datang lagi ke Trans Studio Mall untuk hadir di acara Talkshow. Kami datang lebih awal karena malam sebelumnya kami ditelpon dan diminta panitia untuk “Foto Keluarga” di arena “Winter Land”. Setelah pengambilan gambar dan video di gerbang masuk dan di wahana Snow Playground selesai, kami menuju ke restoran X.O Suki & Cuisine tempat diadakannya talkshow. Sebelum dimulai, para undangan dari media dan blogger dipersilakan menikmati makan siang.

snowfamily

Bahagianya si kecil bermain di wahana Snow Playground, wahana utama di event ini.

Talk show bertema Kebahagiaan Keluarga Penentu Karakter dan Tumbuh Kembang Anak ini menghadirkan Dokter Anak dan Ahli Tumbuh Kembang DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA (K), Psikolog Rini Hildayani, MSi., Public Figure yang menjadi legendaddy-nya Lactogrow Oka Antara, dan Brand Manager Lactogrow Gusti Kattani Maulani. Saya tidak fokus mengikuti rangkaian acara talkshow karena harus menemani dan menjaga si kecil yang sibuk berlarian. Sebagai gantinya, bunda yang memang mendapat undangan – yang duduk manis mendengarkan paparan para pembicara. Saya dan si kecil akhirnya memutuskan untuk masuk (lagi) ke arena “Winter Land”.

ts1

Talkshow “Kebahagiaan Keluarga Penentu Karakter dan Tumbuh Kembang Anak” bersama pakar dan bintang tamu Oka Antara

Suasana hari ke-2 sangat ramai, jauh lebih ramai dibanding hari pertama. Tugas menemani si kecil sedikit berkurang (atau malah bertambah) karena 3 orang sepupu si kecil ikut bergabung bersama kami di Winterland. Sepupu-sepupunya tidak mau berpisah dengan si kecil. Jadilah saya sendiri bersama 4 anak kecil berkeliling dari satu wahana ke wahana yang lain. Kadang saya harus antri di antara ibu-ibu yang juga ikut antri untuk masuk wahana, sementara si kecil bermain perosotan dengan sepupu-sepupunya. Jika sudah giliran kami masuk wahana, mereka baru saya panggil bergabung. Keceriaan si kecil bermain sampai melupakan jam tidur siangnya.

playg

Sambil nunggu ayah ngantri, si kecil bermain di wahana lain di tengah2 arena Winter Land

Dengan 4 anak kecil yang saya temani, berarti ada 4 tiket (paspor) di tangan. Untungnya semua paspor yang kami miliki berlaku untuk semua wahana, termasuk Snow Gobe Photobooth. Saya sempat kasihan melihat seorang ibu-ibu dengan 2 anaknya. Hampir setengah jam mereka ikut antri di depan saya untuk masuk photobooth. Namun ketika giliran mereka, mereka harus kecewa karena paspor mereka tidak berlaku untuk photobooth. Mereka terpaksa menyingkir dan foto-foto dengan kamera HP sendiri. Saya kemudian memanggil si ibu dan menyerahkan salah satu paspor (dari 4 paspor) untuk mereka pakai di wahana ini. Lagi pula dengan 3 paspor tersisa sudah lebih dari cukup untuk kami pakai foto bareng.

mewanai

Hari pertama masih sempat ikut mewarnai di sebelah photobooth

Wahana selanjutnya yang cukup memakan waktu lama untuk antri adalah Snowman Makeover. Sekitar setengah jam juga saya harus antri di antara ibu-ibu lainnya. Sementara bunda yang sudah selesai mengikuti talkshow duduk manis tak jauh dari antrian. Kami hanya diberi waktu 10 menit untuk menghias snowman. 3 sepupu si kecil kelihatan antusias berkreasi, sementara si kecil saya pangku sambil menghias snowman. Belum selesai mendandani snowman, kami arus angkat kaki karena sudah kehabisan waktu. Snowman terpaksa kami bawa pulang untuk diselesaikan di rumah.

snowman-makeover

Di wahana Snowman Make Over, demi si kecil lagi-lagi harus ikutan antri di antara ibu-ibu 😀

Setelah sempat dihibur penampilan di panggung dan semburan Snow Fall dekat panggung, kami menuju ke wahana Happy Ice Fishing. Si kecil dan sepupu-sepupunya sangat antusias menangkap ikan. Saya membiarkan si kecil untuk berekspresi dengan alat penangkap ikannya dengan sesekali mengarahkan ke kolam. Hasilnya tidak ada sama sekali ikan yang berhasil ditangkap. :))

fishing

Serunya menangkap ikan di wahana Fishing on Ice

Setelah puas bermain, si kecil akhirnya tertidur di pangkuan bundanya. Sementara sepupu memilih ke area mewarnai yang memang merupakan hobi mereka. Cukup lama si kecil tertidur pulas padahal suasana di sekitarnya sangat ramai dan berisik. Menjelang sore, bintang tamu yang ditunggu-tunggu akhirnya tampil juga, yaitu Kahitna. Banyak yang berkomentar kalau bintang tamu “Kahitna” ini sebenarnya untuk menghibur para orang tua/pengantar. Terbukti yang antusias dengan penampilan mereka adalah para orang tua, sementara anak-anak mereka lebih memilih bermain.

snowfall

Salju akhirnya turun di Makassar 😀

panggung

Sorenya pengunjung semakin antusias setelah bintang tamu yang ditunggu-tunggu tampil di panggung, KAHITNA

Si kecil terbangun ketika Kahitna masih tampil. Kamipun bersiap-siap untuk pulang setelah puas selama 2 hari bermain salju bersama si kecil. Sampai jumpa di event #LactogrowHappyDate selanjutnya.

Jadi penasaran, sekuel selanjutnya temanya apa yah? 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 13 =